You are here:--SMOG TOUR DE KOMODO ISLAND 2014

SMOG TOUR DE KOMODO ISLAND 2014

Start dimulai dari Surabaya tepatnya dari Hotel Pacifik di Tannjung Perak pada tanggal 11 Januari 2014.

tki1

tki2

Dari tanggal 10 Januari 2014 hari jum’at malam, teman teman dari Kracker’s Surabaya ikut menemani di Hotel sekalian pada pagi harinya kita Rombongan SMOG Tour De Komodo Island diantar sampai keluar kota Sidoardjo sekalian salah seorang anggota Kracker’s Surabaya ada yang bergabung dengan menendarai Supermoto Kawasaki DT 250.Rencana perjalanan dari Surabaya menuju Banyuwangi melalui Probolinggo dan Situbondo langsung ke penyeberangan ke Bali. Di Bali , rencana awal akan melewati Singaraja dan Amalpura, tetapi setelah dirundingkan untuk menyingkat waktu mengejar penyeberangan ke Pulau Lombok, diputuskan langsung menuju Denpasar terus ke penyeberangan Padang Baai.

tki3

Perjalanan dari kota sidoardjo menuju Banyuwangi ada satu kecelakaan ringan anggota kracker Surabaya sdr. Danu karena menghindari Angkot yang berhenti mendadak. Itu adalah penglaman pertama masalah yang dialami. Selanjutnya perjalanan ke Banyuwangi dapat dijalanani dengan kecepatan tinggi karena setelah kota Probolinggo motor bisa dipacu diatas 135km/jam meskipun angin cukup kencang. Sebelum memasuki Kota Banyuwangi dan akan ke penyeberangan Ferry.

tki4

Perjalanan dari Gilimanuk menuju Denpasar bisa dilalui dengan kecepatan yang cukup tinggi karena lalu lintas tidak padat, karena telah melewati hari libur tahun baru. Sesampai di Denpasar, oleh teman dari Patwal Polda Bali dibantu untuk dikawal menuju pelabuhan Padang Baai adalah untuk menghemat waktu. Akhirnya sekitar pukul 19.00 malam, rombongan dapat menyeberang ke Pelabuhan Lembar Lombok dan sampai sekitar pukul 23.30 malam. Persiapan menyeberang dari Padang Bay menuju Pelabuhan Lembar Lombok.

tki5

Start dari Pulau Lombok, tepatnya dari Hotel Lombok Garden dikota Mataram, bertambah dua Rider, satu orang peserta dari Bali dari MOTO X Bali yaitu sdr Zuko.dan Presiden SMOG saudara Mario yang menyusul terbang langsung dari Jakarta menuju Lombok untuk bergabung,karena kesibukan kerjanya.

tki6

Tidak berapa lama setelah mengisi Bahan Bakar dari kota Lombok menuju pelabuhan penyeberangan Kayangan untuk menuju Pulau Sumbawa. Perjalanan menuju Pelabuhan Kayangan disertai dengan Hujan yang lebat sehingga diperjalanan berhenti utk memakai jas hujan dan beristirahat menunggu ada yang mengalami motor mogok. Jam 13.00 kita tiba dipelabuhan Kayangan dan bersiap untuk menyeberang ke Pelabuhan Poto – Tano Sumbawa.

tki7

Perjalan dari pelabuhan Poto – Tano menuju kota Sumbawa Besar. Perjalanan ditempuh kurang lebih sekitar 3 jam menuju kota Sumbawa besar. Rombongan dibagi dua dengan 7 motor dan satu mobil Backup langsung melanjutkan perjalanan. Sedangrombongan kedua dengan 3 motor dan satu mobil Back up menunggu untuk membongkar motor yang mogok, sampai jam 18.00 tidak bisa dihidupkan langsung dievakuasi kemobil dan 2 motor jalan beiringan. Ternyata pagi hari setelah sarapan di Hotel, permasalahan motor mogok hanya masalah Busi saja yang mati, sebetulnya ada cadangan karena cara memasang yang terburu buru menjadi selek sehingga tidak jadi memkai busi baru.

tki8

Persiapan keluar Hotel SAMAWA TRANSITdi Kota Sumbawa Besar. Meskipun Hotel Kecil tetapi rapih dan bersih . Karena kebetulan salah seorang Rider mempunyai saudara sebagai Kajari Sumbawa Besar, sehingga pada waktu makan malam dijamu oleh Kajari dengan menu Ayam Taliwang.

tki9

Motor tertata rapi di halaman Hotel Samawa Transit, bersiap untuk melanjutkan perjalanan menuju kota Bima.

tki10

Selepas Kota Sumbawa Besar kita dapati jalan mulus lurus dan tikungan panjang, seolah olah memberikan bonus kepada para Raider untuk dapat mengembangkan kecepatan sampai ada yang mencapai 160 km/jam.Pemandangan indah khas wilayah Indonesia Timur, apalagi sudah ada musim penghujan sehingga perbukitan dan gunung-gunung menjadi hijau dengan jalan dipinggir pantai menjadi pemandangan yang indah yang merupakan Ke indahan Indonesia yang harus kita kunjungi sebagai kecintaan kita terrhadap Tanah Air Indonesia. Untuk makan siang, waktu kita memasuki kota Dompu kita beristirahat di warung makan, meskipun makanan sederhanan tetapi rasa lapar dan haus menyebabkan makanan menjadi enak rasanya dan murah harganya. Dalam perjalanan dari Kota Sumbawa Besar menuju kota Bima.Para peserta riding sedang beristirahat dipinggir pantai dan diikuti oleh Service Car SMOG.

tki11

Sebelum memasuki Ferry dari pelabuhan Sape. Dari kota Bima 5 motor menuju pelabuhan Sape berjarak sekitar 63 km, dengan jalan berkelok kelok dengan jalan mulus . Semalam sebelumnya kita telah mengirim satu mobil dan satu motor untuk antre persiapan besok pagi menyeberang,, sehingga jumlah motor yang menyeberang menjadi 6 motor dan satu mobil Back up dan merupakan keberuntungan peserta karena Ferry menuju Labuhan Bajo adalah Ferry terakhir yang diijinkan jalan, karena perjalanan Ferry sore hari dihentikan sampai hari ini tanggal 25 Januari 2014.

tki12

Didalam kapal Ferry Menuju Labuhan Bajo, ikut seorang Lady Biker yang menyusl dari Bima serta seorang Rider saudara Brata yang bergabung juga dari kota Bima.

tki13

Turun dari Ferry di Labuhan Bajo.kita menuju Hotel yang kita pesan lewat internet, ternyata tidak seindah yang kita bayangkan. Akhirnya kita putuskan makan siang dahulu kemudian kita mencari Hotel dan kita memperoleh Hotel LAPRIMA dengan harga bagus sesuai dengan predikat bintang empat. Sehari setelah kita menginap di Labuhan Bajo dan kita berkeliling kota ternyata disana sudah banyak terdapat hotel bagus dengan view dipinggir pantai dengan harga menarik. Tidak salah kita menjelajah Indonesia dengan pemandangan yang indah, dimana lebih banyak turis manca Negara dibanding turis domestic, disinilah kita buktikan kecintaan kita kepada Kekayaan Nusantara

tki14

Motor terparkir rapi Di depan Hotel LAPRIMA. Ternyata dilobby ini kita bertemu mekanik penggemar Supermoto bernama Cosmo Smith yang berasal dari Italy dan pengagum motor KTM yang sedang berlibur ke Labuhan Bajo untuk ke Pulau Komodo yang selanjutnya dia akan menuju Kanada

tki15

Persiapan dari Hotel Laprima menuju Pulau Komodo.

tki15a

Hubungan baik yang terbina sebelumnya oleh anggota SMOG dengan TNI AL berbuah manis dan menjadi modal keberuntungan yang lain yaitu tawaran untuk menggunakan Speed Boat cepat Sea Rider AL. terlihat para SMOGER turun ke Kapal Sea Rider di salah satu dermaga nelayan di Kota Labuhan Bajo

tki16

Di perjalanan menuju Pulau Komodo diatas Sea Rider

tki17

Di pulau Komodo , melihat dari jarak dekat Hewan Komodo dihabitat aslinya

tki18

Berfoto didepan kantor Balai Taman Nasional Komodo di Pulau Komodo.Ternyata binatang Komodo berkeliaran disekitar area ini, sehingga kita harus waspada dimanapun kita berada di Pulau Komodo.

tki19

Komodo berstiker SMOG sebagai bukti kita sampai di Pulau Komodo. Perlu perjuangan dan usaha keras untuk dapat menjatuhkan stiker diatas binatang Komodo

tki20

Motor SMOGER berada di depan Kantor Balai Taman Nasional KOMODO di kota Labuhan Bajo

tki21

Pulang dari kota Labuhan Bajo lewat Bandara Komodo Labuhan Bajo menuju Jakarta via Denpasar. Satu mobil Back up dan 6 motor SMOG dikirim ke Surabaya lewat Container, sampai tulisan ini dibuat hari Sabtu tgl 25 Januari 2014 , container belum dapat berangkat karena kapal terkendalaa ombak besar. Dan kapal Ferry penyeberangan Sape ke Labuhan Bajo juga belum diijinkan berlayar. Adalah suatu pengalaman yang menantang untuk menjelajah Indonesia, niat dan tekad yang kuat yang menjadi modal perjalan Tour De Komodoo, semoga menjadi inspirasi bagi para biker’s untuk menjelajah ke Indonesia Timur

By |2017-04-27T04:06:40+00:00January 28th, 2014|Categories: Uncategorized|Tags: , |0 Comments

About the Author:

Leave A Comment