You are here:--5th SMOG Anniversary

5th SMOG Anniversary

as5-1

و التنظر نفس ما قدمت لغد

Wal tandhur nafsun ma qaddamat li ghad, “Perhatikan masa lampaumu untuk hari esokmu” (QS al Hasyr

[59] : 18 )

Hari ulang tahun adalah hari yang istimewa, karena ketika hari itu datang akan memaksa kembali mengangkat jemari untuk menghitung tahun-tahun yang telah dilalui di dunia ini. Sejenak kita diajak untuk melempar jauh ingatan ke masa lalu, ke hari dimana semua ini dimulai saat dilahirkan di muka bumi, …ketika masih bermain dan belajar, hingga menjalani takdir menuju kedewasaan.

Dengan memperingati hari kelahiran kita dapat mengevaluasi apa saja yang telah dilakukan, dan digunakan sebagai bahan introspeksi dalam merencanakan langkah yang lebih baik di kemudian hari. Selain itu memperingati hari kelahiran juga bisa digunakan untuk meneguhkan tali silaturrahim.

Begitu juga dengan peringatan hari lahir Supermoto Owner Group (S.M.O.G) yang ke lima di tahun 2016 ini. Dan tanpa sadar kita diajak kembali kemasa lalu dimana semua ini dimulai, melewati satu demi satu peristiwa yang sudah terjadi untuk disyukuri dan diambil hikmahnya…..,

22-23 Januari 2011, Kopdar Akbar 1 Supermoto Indonesia
Mudah diketahui siapa ibu yang melahirkan S.M.O.G, namun bila ditanya siapa bapaknya pasti tidak ada yang tahu. Meskipun demikian jawaban itu bisa ditelusuri mulai dari kesalah-pahaman yang terjadi saat sekelompok penunggang supermoto yang biasa berkumpul di bengkel modifikasi bernama Caos Custom, datang menghadiri acara yang diadakan oleh Supermoto Indonesia (SMI) di Baturaden, Jawa Tengah.

as5-2

Sepulang dari Baturaden, Pak Sis, Pak Arif, Mario , Lerry, Pak Uztad , Eljan , Faizal, Anton, Boy, Kavu bersepakat untuk membentuk komunitas supermoto yang benar-benar baru. Selanjutnya sebagian dari mereka memantapkan visi dan misi dengan melakukan perjalanan mengelilingi pulau Sumatera bagian utara, yang saat itu belum pulih dihantam bencana maha dasyat berupa Tsunami.

as5-3

21 Mei 2011,

Beberapa bulan kemudian, mereka kembali berkumpul di Otobursa Tumplek Blek, Senayan. Yang kali ini bersama-sama dengan rekan-rekan pengemar supermoto lainnya yang sepaham, untuk mengikrarkan kelahirah bayi supermoto yang diberi nama S.M.O.G. harapan diletakan kepada komunitas baru ini untuk mempersatukan para pemilik supermoto, tanpa memperdulikan latar-belakangnya. Apakah berasal dari perorangan atau dari komunitas bengkel seperti Caos Custom, maupun yang berlatar belakang komunitas supermoto seperti; Smart, Insert, Busur, Moto-X, Kracker, Kasus, Supermoto Rider, dan lain-lain. Hari itu juga secara melalui musyawarah berhasil disepati menunjuk Mario sebagai satu-satunya wali yang bertanggung-jawab menjaga dan membimbing S.M.O.G.

as5-4

Hari berganti hari membuat bayi supermoto tersebut beranjak dewasa. Jalanan dan perjalanan, kesalah-pahaman, serta konflik internal maupun eksternal membuat SMOG semakin bijak dan cerdas menyikapi dunia supermoto. Berbagai expedisi pun dibuat untuk membuktikan supermoto adalah motor yang rasional untuk menjelajahi negeri ini. Mulai dari perjalanan mengelilingi pulau Jawa, menyusuri Sulawesi, melintasi Sumatera, ..Kalimantan, hingga ke pulau-pulau di timur negeri ini. Dan untuk menunjukan keberadaan atau eksistensi-nya, S.M.O.G ikut aktif melalui ke-ikutsertaan di berbagai even motor. Mulai dari : pameran supermoto, uji-coba balapan supermoto, Fun-race, memajang foto supermoto di media-otomotif, hingga bakti sosial.

as5-5

Namun semua kegiatan tersebut masih bersifat internal dan lebih ditujukan untuk komunitas yang berafiliasi saja. Baru di pertengahan tahun 2014 mulai timbul kesadaran untuk bersama-sama dengan komunitas supermoto lainnya yang tidak berafiliasi memelopori terbitnya buku “Jurnal Supermoto : Tepian Jawa”. Melalui tulisan ini S.M.O.G berusaha berbagi dengan merangkum dan menceritakan; sejarah supermoto di negeri ini, kesalah-pahaman tentang supermoto, hingga mendapat pencerahaan tentang motor hebat ini.

as5-6

Memasuki tahun 2015 S.M.O.G semakin percaya diri mengajak komunitas supermoto seperti; Supermoto Indonesia, Kracker, Indoc, Insert, Supfree, BKS, El-Rhino dan lain-lain bersama-sama membuat pilot-project balapan supermoto ‘ala’ negeri ini; ‘Gymkhana-Supermoto’. Keterbatasan sirkuit, motor, dan dana, membuat semuanya harus memutar otak memanfaatkan sumber-daya yang tersedia semaksimal mungkin. Akhirnya sebuah duel supermoto yang memadukan; drag-race, extreme-manuver, obstacle-manuver, hingga stoppy bisa dilakukan di sebuah lapangan parkiran mall seluas 80meter x 40 meter persegi.

as5-7

20 Februari 2016,

Memasuki tahun 2016 dengan berbekal pengalaman mengoperasikan supermoto selama beberapa tahun di jalanan. Meyakinkan S.M.O.G untuk menyelesaikan buku “Jurnal Supermoto 2 : Jalan Tengah Sumatera”. Sekarang S.M.O.G sudah memantapkkan tekatnya untuk lebih jauh melakukan ‘syiar’ dengan memelopori ‘Dakwah Supermoto”. Yaitu berusaha mengajak para penunggang supermoto untuk berbuat kebaikan dengan menjadi cerdas. Sekarang S.M.O.G semakin banyak merangkul semua pihak; mulai dari penunggang, pelaku bisnis, hingga media otomotif untuk bersama-sama meyakinkan kepada masyarakat, bahwa supermoto adalah motor yang rasional bagi negeri ini.

as5-8

29 Mei 2016, Senayan.

Akhirnya di Tumplek Blek Otomotif, tempat yang sama dimana dulu dilahirkan. Hari ini pun S.M.O.G kembali merayakan hari jadinya yang ke lima. Berbeda dengan perayaan-perayaan sebelumnya, peristiwa ini dijadikan kesempatan untuk merenungkan seberapa besar S.M.O.G telah mengisi umurnya dengan hal-hal baik yang berguna bagi dunia supermoto di negeri ini.

as5-9

By | 2017-04-27T04:06:37+00:00 July 23rd, 2016|Categories: smog-news|Tags: , , |0 Comments

About the Author:

Leave A Comment