Apa Itu Supermoto

 

Supermoto adalah motor balap dalam sirkuit yang memiliki tiga alternatif trek terdiri dari trek datar, motokross dan trek balap yang menggunakan motor yang dibuat untuk tujuan tersebut yaitu motor motokross yang dimodifikasi dengan ban balap jalanan raya.

Supermoto awalnya dipahami sebagai sesuatu seperti all star-game yang dimana pengendara terbaik dari tiga aliran yang berbeda dari balap motor dapat meninggalkan balapan normal ,mereka untuk sementara berkumpul dan bertanding demi meraih gelar yang terbaik diantara pengendara yang lain. Saat ini, Supermoto adalah aliran yang istimewa dan berbeda dengan sendirinya dan pengendara dari kelas lain biasanya tidak rutin untuk berpindah ke Supermoto.

Pertandingan balap biasanya diadakan di trek balap atau trek go-kart medium yang mempunyai bagian off road di tengah lapangan. Kebanyakan area pertandingan balap supermoto mempunyai ukuran jalan aspal dari 50%-75% dan sisanya adalah off road. Bagian yang berlumpur atau kasar biasanya dibangun dari tanah liat yang di lapisi dengan berbagai macam rintangan gaya motorcross seperti sudut berm dan lompatan. Jenis balapan ini juga sangat mudah berpindah yaitu bahwa seluruh trek dapat dibangun dimana saja selama terdapat area yang luas di aspal yang terbuka dan ketersediaan lumpur. Balap supermoto juga telah diselenggarakan di pusat kota yang sibuk dengan menggunakan jalanan raya yang ditutup untuk jalur balap dan tanah kosong untuk bagian berlumpur.

Sepeda motor yang sering digunakan dibuat secara kostum dengan kombinasi sepeda motor off road dan roda/ban untuk balap jalanan. Pengendara juga memakai perlengkapan kombinasi dari balap jalan raya dan off road, dan biasanya ditambahkan baju kulit balap jalan raya , helm motorcross dan sepatu bot. Tidak seperti balapan sepeda motor normal, penekanan terletak pada kecepatan lambat, biasanya kurang dari 100mph (160 km/jam) pada trek teknis yang pendek, dimana keterampilan pengendara lebih diutamakan daripada kinerja mesin.

Sejarah

 

Supermoto awalnya diperkenalkan pada tahun 1970 dimana ABC’s Wide World of Sports adalah acara olahraga yang mempunyai rating tertinggi di Amerika Serikat. Pada tahun 1979, ABC membuat acara TV yang berjudul ‘Superbikers’, dibuat oleh jurnalis sepedamotor dan Gaviin Trippe sebagai Promotornya., yang bertujuan untuk mencari ultimasi diantara semua balapan sepeda motor dengan mengajak semua pengendara terbaik dari berbagai macam aliran yang berbeda untuk berbalapan di satu trek yang merupakan gabungan dari tiga macam aliran balap yang berbeda yaitu: trek rata, moto kross dan balap jalanan. Supermoto lalu membuat acara tahunan yang diadakan di area balap Carlsbad California selatan. Acara itu diadakan di trek aspal dan trek berlumpur yang dimaksud untuk melatih keterampilan dalam dunia off road, trek datar dan balap motor. Kejuaraan Pertandingan nasional dan Internasional diikuti pembalap handal seperti Kenny Roberts dan Jeff Ward yang merupakan pembalap olahraga balap motor dan motokross. Para superbikers kemudian menjadi bertambah banyak di rating Nielsen dan berjalan hingga 1985, pada saat yang sama ABC memutuskan untuk membatalkan acara tersebut hingga manajemen yang baru, pembatalan ini juga membuahkan efek yang besar untuk olahraga di Amerika Serikat. Para pembalap Eropa yang berkompetisi di Carlsbad lalu kembali ke Eropa dan membuahkan popularitas yang sangat besar di beberapa Negara seperti Perancis.

Pada tahun 2003 terdapat perombakan baru di dunia olahraga Amerika Serikat dengan seiring terbentuknya AMA supermoto championship dan ESPN X-Games Supermoto Championship.

Mesin

 

Semenjak tahun 1990, pengendara supermoto, termasuk sepeda motor pendahulu telah digunakan Superbiker, yang digunakan untuk kejuaraan motokross mesin dua langkah yang dispesialisasikan karena beratnya yang ringan dan kemampuan lompatan yang dihasilkan. Sepeda motor ini biasanya digunakan dalam balap supermoto terutama satu silinder empat langkah dengan cc besar ( khususnya 400 cc – 700 cc ) menggunakan roda 17 inci (430 mm) atau 16.5 inci (420 mm). Roda 17 inci (430 mm) diperbolehkan untuk digunakan dengan lebar 5.5 inci (140) mm dengan ban slik superbike motor balap. Biasanya beralur pada ban belakang untuk sedikit memfasilitasi percepatan pada tanah dan area berlumpur. Suspensi diturunkan dan sedikit kaku dibandingkan dengan sepeda motor trail, dan daya pengereman ditingkatkan dengan caliper dan cakram rem depan oversize . Meskipun terdapat kekurangan trees pada supermoto, ‘bark busters’ (pengaman tangan) sering ditambahkan ke motor supermoto karena sudut menikung yang ekstrim dicapai oleh pengendara. Pengaman tangan ini juga sangat meningkatkan survivalbility tuas rem dan kopling selama jatuh, membuat motor supermoto mempunya tingkat ketahanan yang tinggi dan cepat untuk masuk kembali ke arena balapan selama pertandingan setelah kecelakaan.

Pada tahun 1991, Pabrik Italia, Gilera, meliris model ‘Nordwest’ pertama kalinya untuk supermoto. Lalu pabrik Eropa yang lainnya dengan cepat mengikuti perkembangan produktivitas, seperti KTM, Husqvarna, Husaberg dan CCM; semua pabrik yang menekankan pada model off road. Model dikembangkan untuk digunakan pada trek maupun jalanan. Butuh waktu sepuluh tahun, sampai pertengahan 2000an Produsen jepang, seperti Yamaha (2004), Honda (2005) dan Suzuki (2005) untuk memulai memperkenalkan model supermoto di pasar Eropa. Sebagian besar motor Supermoto dijual ke public adalah model yang lebih diutamakan untuk jalanan daripada untuk area balap, misalnya Suzuki DR-Z400SM.

Lebih lambat dan berat tetapi sepeda motor dual-purpose seperti Kawasaki KLR650 adalah contoh yang baik dari ini. Pada musim tahun 2006, Ducati pabrikan Italia mengumumkan mereka masuk di kelas supermoto dengan mesin Hypermotard yang memiliki lebih banyak kesamaan dengan streetfighter jenis sepeda motor yang lebih realistis daripada menyesuaikan motor supermoto sejati yang mampu bertahan melompat dan berbenturan. KTM saat ini menyediakan 999 cc V-twin yang dapat digambarkan sebagai jalur utama akan Hypermoto, dan merek baru KTM690SM silinder tunggal, Aprilia juga memiliki dua motor 450cc dan 550 cc SXV supermoto V-twin untuk dijual.

Sehubungan dengan popularitas, fleksibilitas dan ketahanan sepeda motor ini, beberapa pemilik memodifikasi sepeda motor mereka agar dapat digunakan di jalanan. Untuk itu, lampu depan, lampu belakang, cermin dan yang lainnya diperlukan untuk di modifikasi. Beberapa kendaraan di sebagian Negara mengambil pandangan jauh untuk mengubah sepeda motor off road menjadi sepeda motor yang sesuai dengan hukum yang berlaku di Negara mereka, seperti California yang membutuhkan petunjuk batas emisi dari produsen. Di Eropa kebanyakan supermoto dijualuntuk penggunaan legal dijalan dari pabrik lalu dirubah untuk penggunaan balapan. Jenis sepeda motor supermoto membuat pengguna dalam kota nyaman dengan posisi duduk yang tegak karena menyediakan pandangan yang baik dalam lalu lintas. Rangka yang sempit dan ringan juga membuat mereka sangat lincah, serta lebih mudah untuk manuver di belokan atau lebih mudah dikendalikan dalam kondisi jalan yang membingungkan dan kurang ideal yang membuat sebagian sportbike melambat.